cs@digi-id.id

 Telp: 021-31116109 / 10

Kenali 3 Jenis Tanda Tangan Digital

Kenali 3 Jenis Tanda Tangan Digital

28 Agustus 2018

Penggunaan tanda tangan sudah tidak bisa dilepaskan dari keseharian kita. Bagaimana tidak, tanda tangan memiliki berbagai fungsi penting bagi kita semua seperti untuk membuktikan identitas, menjaga integritas suatu surat atau dokumen, atau untuk melakukan koreksi pada suatu surat/ dokumen sebagai bukti disetujuinya perubahan tersebut.

Lalu, seiring dengan perkembangan teknologi, tanda tangan pun ikut mengalami perkembangan dan transformasi. Transformasi dari tanda tangan ini hadir dalam bentuk tanda tangan digital. Namun, tidak semua tanda tangan digital memiliki kekuatan perlindungan yang sama. Apa saja perbedaannya? Bagaimana cara memilih jenis tanda tangan digital yang tepat?.

Tanda tangan digital Digisign tidak hanya memiliki sistem keamanan tingkat tinggi, namun juga sangat praktis dan mudah digunakan. Digisign bisa digunakan kapan saja dan di mana saja apapun gadget Anda berkat platform yang terintegrasi. Kabar baiknya? Tanda tangan digital Digisign juga GRATIS untuk Anda miliki!

Tanda tangan digital terbagi menjadi 3 jenis

Berdasarkan teknologi yang digunakannya, berikut 3 jenis tanda tangan digital yang perlu Anda kenali:

1. Simple

Tanda tangan digital yang simple adalah tanda tangan digital dalam bentuk paling sederhana karena tidak dilindungi dengan metode enkripsi apa pun. Contoh paling awam adalah tanda tangan basah yang dipindai oleh perangkat elektronik kemudian dimasukkan ke dalam dokumen. Contoh lain tanda tangan digital kategori simple adalah email signature yang kerap kita bubuhkan di akhir surel, serta centang kotak syarat dan ketentuan di proses instalasi software.

Tanda tangan digital simple ini memiliki berbagai kelemahan. Tanda tangan ini tidak terenkripsi sehingga tidak mampu menunjukkan identitas penandatangan maupun perubahan yang terjadi pada dokumen setelah dokumen ditanda tangani. Selain itu, tanda tangan digital kategori simple sangat mudah untuk digandakan atau dipalsukan. Baik dari segi keamanan maupun legalitas, penggunaan tanda tangan digital dalam jenis ini sangat tidak direkomendasikan.

2. Basic

Tanda tangan digital basic tidak memiliki banyak perbedaan dibandingkan tanda tangan digital simple. Keunggulan tanda tangan digital basic dari tanda tangan digital simple hanyalah kemampuannya untuk menunjukkan perubahan yang terjadi setelah dokumen ditanda tangani. Akan tetapi, tanda tangan ini tetap tidak bisa menjamin keamanan identitas Anda karena tidak bisa merujuk identitas yang terverifikasi. Meski sudah menggunakan metode asymmetric cryptography, penyedia layanan tanda tangan digital basic tidak melakukan proses verifikasi identitas penggunanya secara optimal. Proses penandatanganan juga tidak melalui 2-factor authentication. Akibatnya, dokumen yang ditanda tangani dengan tanda tangan digital kategori ini masih belum memiliki kekuatan dan akibat hukum yang sah

3. Advanced & Qualified

Tanda tangan digital Advanced & Qualified adalah tanda tangan digital paling aman dan memiliki kekuatan hukum yang setara dengan tanda tangan basah di atas kertas. Tanda tangan digital level advanced dan qualified dibuat dengan teknologi asymmetric cryptography serta public key infrastructure. Sama seperti tanda tangan digital kategori basic, tanda tangan digital level advanced dan qualified juga mampu menunjukkan kapan, di mana, dan perangkat apa yang digunakan saat proses penandatanganan dokumen. Segala perubahan yang terjadi setelah dokumen ditanda tangani juga dapat dengan mudah diketahui.

Yang membuat penyedia layanan tanda tangan digital level ini lebih spesial adalah proses verifikasi identitas pengguna yang mereka terapkan. Bahkan, penyedia layanan tanda tangan digital advanced dan qualified diwajibkan untuk memberlakukan 2-factor authentication sebelum dokumen dapat ditanda tangani penggunanya. Metode otentikasi yang digunakan pun beragam: mulai dari pengiriman one time password melalui SMS, hingga pemindaian biometrik di telepon genggam. Proses verifikasi dan autentikasi yang ekstensif ini lah yang membuat dokumen yang ditanda tangani dengan tanda tangan digital kategori ini sudah memiliki sertifikat elektronik yang melekat secara unik ke identitas si penandatangan.

Memilih Layanan Tanda Tangan Digital yang Sah di Indonesia

Setelah mempelajari 3 jenis tanda tangan digital yang beredar di pasaran, tentunya Anda sebagai pengguna sudah dapat menentukan sendiri bahwa tanda tangan digital level advanced dan qualified merupakan pilihan terbaik yang Anda miliki. Di Indonesia, sertifikasi penyedia layanan tanda tangan digital level advanced dan qualified diatur oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Penyedia layanan tanda tangan digital yang telah memenuhi syarat sebagai penyedia tanda tangan level advanced dan qualified akan memperoleh sertifikasi Penyelenggara Tanda Tangan Elektronik yang diberikan oleh Kominfo.

Aplikasi kami dapat di download di playstore

Google Play Icon