cs@digi-id.id

Sertifikat Elektronik

Sertifikat Elektronik

DIGISIGN adalah layanan publik untuk tanda tangan elektronik beserta stemple waktu yang dilekatkan pada setiap dokumen atau transaksi elektronik dengan didukung oleh keotentikan data pribadi atau entitas pelanggan yang ter-registrasi dan ter-verifikasi melalui proses KYC baik secara online ataupun offline dan juga disertai fungsi nirsangkal.


Icon-1

Siap & Kirim

Icon-2

Tinjau & Tanda Tangani

Icon-3

Lacak & Kelola

Pilih dokumen dan penerima, tentukan urutan tandan tangan, atur jumlah tanda tangan. Persiapkan melalui template atau API.

Tinjau isi bidang formulir, dan tanda tangan dari desktop, tablet, atau seluler Anda.

Lacak status sign dokumen Anda, dan penandatangan secara real-time.



Sertifikat Elektronik Berbasis Hukum

Sertifikat Elektronik adalah sertifikat yang bersifat elektronik yang memuat Tanda Tangan Elektronik dan identitas yang menunjukkan status subjek hukum para pihak dalam Transaksi Elektronik yang dikeluarkan oleh Penyelenggara Sertifikasi Elektronik.


Otentikasi Data

dimana sertifikat elektronik dapat menunjukkan langsung pemilik tanda tangan.

Integritas

Sertifikat elektronik menjamin keutuhan data, setiap perubahan di dalam dokumen atau transaksi yang telah di tanda tangani menjadi tanggung jawab pengguna.

Nirsangkal

yang dapat langsung dibuktikan waktu penandatangan karena disertai stempel waktu yang otentik serta dapat menyangkal pemalsuan dari suatu keutuhan data.


Panduan Sertifikat Elektronik Digisign

Untuk melakukan verifikasi pada dokumen anda harus menggunakan minimal Adobe Acrobat Reader 9.0 atau versi lebih tinggi dan harus memasukan sertfikat CA Digisign. Berikut contoh menggunakan Adobe Acrobat Reader DC (18.011.20055).

  1. Download Sertifikat CA Digisign pada link
  2. Buka aplikasi Adobe Acrobat Reader
  3. Pilih menu ‘Edit’
  4. Pilih ‘Preference’
  5. Pilih ‘Signature’ dan Klik ‘More’ pada ‘Identities & Trusted Certificates’
  6. Pilih ‘Trusted Certificates’ dan pilih ‘Import’
  7. Pilih ‘Browse’
  8. Cari file sertifikat CA yang telah di download tadi
  9. Jika berhasil maka Sertifikat akan muncul di ‘Contact’ dan click sertifikat Digisign-CA agar sertifikat masuk pada list ‘Certificates’
  10. Pilih sertifikat Digisign-CA pada list ‘Certificates’ dan klik ‘Trust’
  11. Checklist ‘Use this certificate as trusted root’ dan checklist ‘Certified documents’. Kemudian klik ‘OK’ untuk memasukan sertifikat.
  12. Klik Import untuk menyimpan sertifikat tersebut
  13. Akan tampil notifikasi seperti dibawah ini untuk memastikan sertifikat berhasil disimpan

Setelah anda berhasil mengimport sertifikat CA Digisign ke dalam Adobe Acrobat Reader anda maka anda dapat melakukan verifikasi terhadap dokumen anda. Berikut langkah-langkahnya

  1. Pastikan komputer atau Notebook anda terhubung dengan Internet. Buka dokumen yang ingin anda verifikasi pada Adobe Acrobat Reader
  2. Pilih ‘Signature Panel’
  3. Pilih ‘Validate All’ dan klik ‘OK’ pada layer konfirmasi maka Adobe Acrobat Reader akan memproses verifikasi secara online yang membutuhkan waktu beberapa saat.
  4. Jika proses verifikasi berhasil dan dokumen anda valid maka tanda warning akan berubah menjadi checklist berwarna hijau.